English Education and Literature Journal (E-jou)
Vol 1 No 01 (2021): English Education and Literature Journal

Implementing Reciprocal Teaching Technique to Teach Reading Comprehension for The Tenth Graders Of Ma Ma’arif Nu Sadang

Firharmawan, Hastri (Unknown)
Yuniarsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses yang kompleks yang menuntut para guru agar kreatif demi tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implemantasi dan efektifitas dari “reciprocal teaching technique” untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca teks descriptive pada siswa kelas X di MA Ma’arif NU Sadang, Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data berupa hasil test yang menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan “reciprocal teaching technique” dalam pembelajaran pada siswa kelas x MA Ma’arif NU Sadang Kebumen terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan modelling strategi fab four pada siklus I dan memacu siswa untuk menggunakan strategi fab four pada kelompok-kelompok kecil secara lebih mandiri pada siklus II. Peningkatan pembelajaran ditunjukkkan dengan pemerolehan nilai rata-rata hasil tes siswa yang mengalami peningkatan dari 73.9 pada siklus I dan 81.87 pada siklus II. Artinya, reciprocal teaching technique layak digunakan sebagai salah satu solusi guru untuk membantu peningkataan hasil pembelajaran siswa. Keyword: reciprocal teaching technique, implementasi, teks deskriptif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

e-jou

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The scopes of the journal include the following topic areas: English language education and policy, English curriculum, EFL methodology, teaching and learning strategies, evaluation and assessment, TEYL, classroom action research, translation, teaching media and ICT, applied linguistics, ELT ...