Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol 2 No 2 (2016): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

PENGARUH VARIASI MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Suryanti suryanti (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 7 Baubau dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 7 Baubau dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi model pembelajaran dan kemampuan mengajar guru, masing-masing secara terpisah mempunyai pengaruh yang signifikaan terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaraan Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Baubau. Dari hasil analisis diperoleh dua hal yang menjadi prioritas utama untuk dimasukkan dalam penyusunan strategi peningkatan motivasi belajar siswa SMP Negeri 7 Baubau dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu perbaikan/peningkatan kualitas ataupun kuantitas sarana pembelajaran bahasa Indonesia, serta kemampuan mengajar guru dan variasi model pembelajarn. Sedangka prioritas kedua adalah peningkatan/perbaikan kualifikasi dan rasio jumlah guru terhadap jumlah siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...