Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol 4 No 1 (2018): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

PENGARUH PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK MIND MAP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MEMECAHAKAN MASALAH PADA SMK NEGERI 2 MAKASSAR

Unhaluddin T Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan Bimbingan Kelompok melalui teknik Mind Map dalam meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalah pada SMK Negeri 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest–posttest. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa secara random. Pengumpulan data menggunakan skala dan dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan siswa mencapai rata – rata skor 75,067 dan setelah perlakuan mencapai rata–rata 75,53 sehingga peningkatan terjadi sebesar 0,643. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan Bimbingan Kelompok melalui teknik Mind Map dalam meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalah pada SMK Negeri 2 Makassar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...