Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 2 (2019): May 2019

Analisis Penguasaan Santri Terhadap Kitab Kuning Berdasarkan Pola Pembinaan (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Huda Provinsi Gorontalo)

Abd. Rasyid Kamaru (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2020

Abstract

Pondok pesantren al-Huda provinsi Gorontalo yang didirikan pada tahun 1961 sampai dengan sekarang tetap eksis dalam kajian kitab kuning dan menggunakan sistem klasikal. Penelitian ini mengambil lokasi di pondok pesantren al-Huda provinsi Gorontalo. Data yang diuraikan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, adapun metode yang digunakan berupa observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif. Teknik pengolahan data yaitu menggunakan tiga metode yaitu: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan santri terhadap kitab kuning belum maksimal, maka pola yang dilaksanakan adalah memaksimalkan penguasaan santri pada mata pelajaran nahwu dan sharaf sebagai alat untuk menguasai kitab kuning. Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antar pihak pondok pesantren, pemerintah, masyarakat yang tampak dari sikap, perilaku, pemikiran maupun kerja sama antar pondok pesantren yang terkesan vakum selama ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...