Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol 5 No 2 (2019): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru

Taufik Taufik (Universitas Iqra Buru)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2020

Abstract

Kemampuan membaca merupakan hal yang penting bagi siswa karena dapat meningkatkan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan membaca pemahaman interpretatif siswa kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru melalui Strategi AMBT). Hasil analisis ulangan pada dua tahun terakhir khususnya kemampuan membaca pemahaman interpretatif termasuk dalam nilai yang paling rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes dan data kualitatif yang diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca interpretatif siswa atau ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 65% dengan nilai rata-rata 72,5 meningkat pada siklus II sebesar 90% dengan nilai rata-rata 82,9. Persentase aktivitas guru siklus I pertemuan pertama sebesar 63,15% dan pertemuan kedua sebesar 73,68% meningkat pada siklus II pertemuan pertama sebesar 84,21% dan pertemuan kedua sebesar 89,47%. Persentase aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 60% dan pertemuan kedua sebesar 70% meningkat pada siklus II pertemuan pertama sebesar 80% dan pertemuan kedua sebesar 90%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi AMBT dapat meningkatkan kemampuan membaca interpretatif siswa kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...