Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol 7 No 1 (2021): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

Ujian nasional sebagai wacana pendidikan

Rosmawati Taherong (Universitas Muhammadiyah Buton)
Yuyun Febriani (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini di tujukan untuk mengkaji sebab yang mendasari terjadinya ragam wacana dalam membentuk persepsi social akan pentingnya pelaksanaan ujian nasional yang di terapkan sebagai standar pendidikan nasional. Kajian di lakukan melalui pendekatan sosiologi Pendidikan dengan model deskriptif kualitatif menggunakan pusposivesampel melalui responden terpilih. Kajian ini menemukan bahwa, Komponen ujian nasional menjadi simpang siur dalam pelaksanaannya. Hal ini berlaku oleh karena beberapa faktor yang mendasari munculnya kebijakan mutu ujian nasional yakni, pertama; Kopetensi pendidikan yang memuat beragam materi, nilai, dan sebagainya seolah dikesampingkan dalam pelaksanan UN karena dalam prakteknya memuat beberapa materi yang dikelompokkan sebagai bahan yang di ujikan, kedua; adanya standar angka kelulusan yang harus dikejar agar dinyatakan lulus tanpa menghiraukan etika dan moral yang digagas dalam hakikat pendidikan nasional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...