Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 2 (2019): May 2019

Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Pengawas

Lisnawaty Dukalang (Pengawas Madya KenKemenag Kota Gorontalo)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh kepemimpinan kepalamadrasah dan motivasi guru terhadap kinerja pengawas di kota Gorontalo baik secara simultan maupunparsial. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan pada penelitian adalah purposive sample yaitu pengambilan subjek didasarkan atas adanya tujuantertentu dan teknik pengumpulan data melalui kuisioner, observasi, wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Variabel kepemimpinan madrasah (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabeldependen kinerja pengawas (Y) dengan arah koefisien positif sebesar 0,298. Nilai tersebut bermakna setiappenambahan 1% leadership function, maka kinerja karyawan meningkat sebesar 0,298 atau 29,80%.Variabel motivasi guru (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Kinerja (Y) dengan arahkoefisien positif sebesar 0,530. Nilai tersebut bermakna setiap penambahan 1% motivasi guru, maka kinerjameningkat sebesar 0,530 atau 53,00%. pengujian nilai R2 sebesar 0,586 (58,60%) menunjukkan bahwabesarnya kontribusi variabel independen yang terdiri dari pengaruh kepemimpinan kepala madrasah danmotivasi guru terhadap kinerja pengawas di kota Gorontalo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...