Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 1 (2019): January 2019

Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share

Rahman, Rusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2020

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri I Bolango Selatan pada mata pelajaran IPA Biologi? Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I Bolango Selatan pada siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 25 siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran model Think-Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data difokuskan melalui observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 14 orang (56%) sedangkan hasil pada siklus II 21 orang yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (88%). Ini membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif model think–pair–share dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...