Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA KONSEP STOIKIOMETRI LARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN DIAGRAM SUBMIKROSKOPIK MODEL PEMBELAJARAN MORE (MODEL, OBSERVE, REFLECT, DAN EXPLAIN)

Rahmawati, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2019

Abstract

Stoikiometri larutan merupakan konsep yang sulit dipelajari karena terdiri darikonsep-konsep yang abstrak, terutama tantangan dalam menafsirkan simbol-simboldalam reaksi kimia. Siswa sering mengalami kesulitan dalam mentransferpemahaman mereka dari tingkat makroskopis ke representasi submikroskopiknya.Salah satu upaya untuk dapat memvisualisasikan konsep stoikiometri larutan iniadalah dengan menggunakan diagram submikroskopik, dimana siswa akan difokuskan pada penilaian dengan instruksi untuk menggambarkan representasidasar submikroskopik tingkat materi, termasuk atom, molekul dan partikel darirepresentasi reaktan dan produk. Penelitian ini bertujuan untuk memberikangambaran tentang bagaimana penerapan pembelajaran, kemampuan siswa dalammemecahkan masalah dan tanggapannya terhadap penggunaan diagramsubmikroskopik model MORE (Model, Observe, Reflect dan Explain) pada konsepstoikiometri larutan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas.Proses penerapan pembelajaran dianalisis dari hasil lembar kerja siswa.Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dijaring melalui tes uraian yangterdiri dari 6 butir soal memuat indikator-indikator dalam memecahkan masalahstoikiometri larutan, sedangkan respons siswa terhadap pembelajaran dijaringmelalui angket. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI IPA 1 SMAN 24Bandung tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa padapenerapan pembelajaran ini siswa memperoleh hasil pencapaian yang baik denganrata-rata keseluruhan sebesar 77%. Pada tahap model siswa memiliki pencapaiansebesar 65% dengan interpretasi cukup, tahap observe sebesar 82%berinterpretasi sangat baik, tahap reflect sebesar 79% berinterpretasi baik dantahap explain sebesar 83% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuanmemecahkan masalah siswa termasuk dalam kategori baik yaitu sebesar 75,97%.Siswa memberikan tanggapan yang positif dan telah memilih diagramsubmikroskopik sebagai cara yang paling menyenangkan, paling dipahami, palingmudah cara penulisannya, dan menjadi cara penyelesaian yang paling dipilihuntuk memecahkan masalah stoikiometri larutan maupun pada konsep lainnya.Kata kunci: Kemampuan Memecahkan Masalah, Stoikiometri Larutan, Diagram Submikroskopik, MORE (Model, Observe, Reflect, Explain)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...