Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
Vol 6, No 1 (2017): Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

PENGARUH METODE LATIHAN SIRKUIT DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN DASAR BOLA BASKET

Feby Elra Perdima (Universitas Dehasen Bengkulu)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan menunjukkan bahwa masih kurangnya keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan pengaruh metode Latihan Sirkuit  dengan metode Konvensional terhadap peningkatan keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi penelitian ini sejumlah 32 orang siswa, sampel diambil mengunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 32 orang siswa. Tes yang digunakan adalah tes dribble zig-zag, passing dan under basket yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara. Teknik  analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Metode Latihan Sirkuit dapat meningkatkan keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara (thitung 16,77 > ttabel ?=0,051,75) (2) Metode konvensional dapat meningkatkan keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara (thitung 9,25> ttabel ?=0,05 1,75) (3) Terdapat perbedaan yang berarti antara Metode latihan Sirkuit dengan Metode Konvensional terhadap keterampilan dasar bolabasket SMA Negeri 1 Lebong Utara (thitung  1,35 <ttabel ?=0,0 1,75). Kata kunci: Metode Latihan Sirkut, Metode Konvensional, Keterampilan Dasar Bola Basket

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

altius

Publisher

Subject

Education Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is a national scientific journal open to seeking innovation, creativity, and novelty. This journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows: 1. Physical Education; 2. Sport Education; 3. Sport ...