Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 3 (2019)

PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH KELAS XII SEMESTER II SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

SINTYA INDRIYANI (Unknown)
LUQMAN HAKIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis hasil kelayakan serta respon peserta didik terhadap buku ajar yang dikembangkan. Pengembangan buku ajar ini diuji oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis, serta diuji cobakan kepada 20 peserta didik kelas XII Perbankan Syariah SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4D oleh Thiagarajan tanpa dilakukan penyebaran. Penelitian ini mendapatkan hasil dari validasi ahli materi sebesar 85,3% , validasi ahli bahasa 87,1% , validasi grafis 84,4% dan respon peserta didik sebesar 91%. Sehingga rekapitulasinya diperoleh 88,3% dan dapat disimpulkan bahwasannya buku ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Kata Kunci: Buku Ajar, Kurikulum 2013 Revisi, Akuntansi Perbankan Syariah Abstract This study aims to produce and analyze the results of the feasibility and response of students to science-based textbooks on subjects of Islamic Banking Accounting class XII semester II at SMK Negeri 2 Mojokerto. The development of this textbook was tested by 3 experts namely material experts, linguists, and graphic experts and tested it on 20 students of class XII Islamic Banking Accounting in SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. This research method uses the development model according to Thiagarajan 4-D but in this study is limited to the development stage. The results showed that the results of the validation of the material experts got a score of 85.3%, the validation of linguists 87.1%, graphic validation 84.4% and the response of students by 91%. So that the overall score was 88.3% and it can be concluded that the development of scientific-based textbooks is very feasible to be used in the subjects of Islamic Banking Accounting. Keywords: Textbooks, 2013 Revised Curriculum, Accounting for Islamic Banking

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...