cover
Contact Name
Moh. Danang Bahtiar
Contact Email
jpak@unesa.ac.id
Phone
+6281261243269
Journal Mail Official
jpak@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung G5 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang Surabaya, Jalan Ketintang Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
ISSN : 23376457     EISSN : 27227502     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian Pengembangan (R&D), Penelitian Eksperimen, dan Penelitian Tindakan Kelas/Action Riset yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Topik-topik penelitian meliputi : Model Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Kurikulum Pendidikan, Akuntansi, Ilmu Akuntansi, Keuangan, Perbankan dan Lembaga Keuangan.
Articles 533 Documents
Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis Problem Based Learning RINDRA AISYAH PUTRI; LUQMAN HAKIM
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan buku ajar akuntansi perbankan syariah berbasis problem based learning. Penelitian ini juga berfungsi mengetahui kelayakan dari para ahli serta respon siswa kelas XI perbankan syariah di SMKN 2 Mojokerto terhadap buku ajar yang dikembangkan. Pengembangan ini mengacu pada model 4D oleh Thiagarajan meliputi tahap define, design, develop, disseminate. Tetapi pada penelitian ini tidak terbatas pada tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafis memperoleh rata-rata sebesar 87,84% dengan kriteria sangat layak. Kemudian rata-rata untuk respon siswa memperoleh 93,03% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan jika buku ajar ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Buku Ajar, Akuntansi Perbankan Syariah, Problem Based Learning.
PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU BTS (BID TO SCORE) SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 10 SURABAYA Achmad Syaiful Adi Nugroho; JONI SUSILOWIBOWO
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengayaan merupakan tambahan pembelajan bagi peserta didik dengan keunggulan dalam belajar ditandai oleh tercapainya kriteria ketuntasan minimum yang dilakukan supaya tersedia kesempatan belajar baru sehingga peserta didik dapat memaksimalkan perkembangan bakat, minat dan kemampuannya. Dalam melakukan aktivitas pengayaan dapat dilakukan melalui berbagai bentuk aktivitas, salah satunya dengan menggunakan media permainan. Tujuan penggunaan permainan adalah untuk memotivasi peserta didik mempelajari kembali materi yang telah dipelajari serta mengembangkan pengetahuan yang dimiliki dengan lebih optimal. Penelitian pengembangan ini menghasilkan permainan kartu BTS (Bid To Score) sebagai media pengayaan pada materi akuntansi piutang yang mengadaptasi dari permainan kartu Lelang Mania. Pengembangan menggunakan model 4D (Define Design, Develop, and Disseminate) dari Thiagarajan tanpa tahap Disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan validasi ahli dan respon peserta didik dengan hasil validasi oleh ahli materi sejumlah 84,2%, validasi oleh ahli media sejumlah 96,6% dengan kategori “sangat layak” dan respon peserta didik sejumlah 85% dengan kategori “sangat memahami”. Berdasarkan hasil validasi dan respon peserta didik, produk penelitian dalam pengembangan ini dinyatakan “sangat layak”. Kata Kunci: pengembangan, media pengayaan, bid to score, akuntansi piutang.
PENGAMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR PENCATATAN TRANSAKSI DAN POSTING KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGER 1 SAMBENG SRI UNDIANAH; JONI SUSILOWIBOWO
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pengembangan ini mimiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku Lember Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur di kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 sambeng.Dan menganalisis hasil kelayakan dan respon peserta disik.Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D tetapi penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan.Pengembangan LKPD ini diuji oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis serta diuji coba oleh 20 peserta didik kelas XII Akuntanis SMK Negeri 1 Sambeng. Hasil penelitian menunjukan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 80,63%, validasi ahli bahasa 82,91%, validasi grafis 89,6% dan respon peserta didik sebesar 87,5%, sehingga keseluruhan didapatkan skor sebesar 85,16% dan dapat di simpulkan bahwa pengembanagn Lembar Kegiatan Peserta Dididk sebagai pendukung implementasi kurikulum 2013 sangat layak digunakan pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan manufaktur. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Kurikulum 2013,Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur Penelitian pengembangan ini mimiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku Lember Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur di kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 sambeng.Dan menganalisis hasil kelayakan dan respon peserta disik.Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D tetapi penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan.Pengembangan LKPD ini diuji oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis serta diuji coba oleh 20 peserta didik kelas XII Akuntanis SMK Negeri 1 Sambeng. Hasil penelitian menunjukan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 80,63%, validasi ahli bahasa 82,91%, validasi grafis 89,6% dan respon peserta didik sebesar 87,5%, sehingga keseluruhan didapatkan skor sebesar 85,16% dan dapat di simpulkan bahwa pengembanagn Lembar Kegiatan Peserta Dididk sebagai pendukung implementasi kurikulum 2013 sangat layak digunakan pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan manufaktur. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Kurikulum 2013,Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur
PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA LISTIANA ARISTIANTI; AGUNG LISTIADI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Hasil belajar merupakan pencapaian yang diperoleh mahasiswa dari proses belajar mengajar. Hasil belajar dipengaruhi dari beberapa unsur, baik unsur internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemahaman perpajakan, intensitas pemberian tugas, gaya belajar terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan dan motivasi belajar pengaruh pemahaman perpajakan terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, motivasi belajar dapat memperkuat atau memperlemah intensitas pemberian tugas terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, dan motivasi belajar dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan pada mahasiswa pendidikan akuntansi fakultas ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 dan 2016 diambil secara random sebagai responden penelitian dengan jumlah 100 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu angket dan dokumentasi. Hasil penelitian a.) tidak terdapat pengaruh pemahaman perpajakan terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, terbukti Tstatistik sebesar 1,319 b.) Terdapat pengaruh intensitas pemberian tugas terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, terbukti Tstatistik sebesar 2,283 c.) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan, karena Tstatistik sebesar 1,1460 d.) Motivasi belajar bukan merupakan variabel moderating pemahaman perpajakan dan hasil belajar akuntansi perpajakan mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi, karena Tstatistik sebesar 0,643 e.) Motivasi belajar adalah variabel moderating dari intensitas pemberian tugas dengan hasil belajar akuntansi perpajakan mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi, karena senilai 2,335 f.) Motivasi Belajar adalah bukan merupakan variabel moderating dari gaya belajar dengan hasil belajar dengan Konstruk interaksi antar gaya belajar dan motivasi belajar memiliki nilai 1,059. Kata Kunci: Pemahaman, Intensitas, Gaya, Motivasi, Hasil Belajar Abstract Learning result are the achievements obtained by students from the teaching and learning process. Learning outcomes are influenced by several elements, both internal and external. The purpose of this study was to determine the effect of understanding Taxation, intensity of assignment, learning style on taxation accounting learning outcomes and learning motivation on the influence of understanding taxation on learning outcomes tax accounting, motivation to learn can strengthen or weaken the intensity of assignment to learning outcomes taxation accounting and motivation learning can strengthen or weaken the influence of learning styles on the learning outcomes of taxation accounting in accounting students at the economic faculty of Surabaya State University. This type of this study is quantitative study. Using purposive sampling technique. The 2015 and 2016 100 students of Accounting Education are chosen as respondents. The data is collected from questionnaires and documentation. The results of the study a) there is no influence of understanding taxation on the learning outcomes of tax accounting, proved to be Tstatistic at 1.319 b.) There is an intensity of assignment of assignments to the results of learning tax accounting, proven Tstatistic of 2,283 c.) There is no influence of learning sty1es on accounting learning outcomes taxation, because it is statistically 1,1460 d.) Learning motivation is not a moderating variable in understanding taxation and learning outcomes in taxation accounting Accounting Education Study Program students, because it is statistically 0.643 e.) Learning motivation is a moderating variable of the intensity of assignment with learning outcomes in tax accounting Accounting Education study program students, because it is worth 2,335 f.) Learning Motivation is a moderating variable of learning styles with learning outcomes with the interaction construct between learning styles and learning motivation has a value of 2,059. Keywords: Comprehension, Intensity, Style, Motivation, Learning Result
PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER, NILAI MATEMATIKA, PENGUASAAN KOMPUTER, PENGUASAAN AKUNTANSI DASAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ACCURATE SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 KEDIRI PUTRIANTI, CISILIA; , ROCHMAWATI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Hasil belajar digunakan untuk melihat pencapaian siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran dan melihat sejauh mana siswa memahami materi dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil belajar tidak terlepas dari beberapa faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh fasilitas laboratorium komputer, nilai matematika, penguasaan komputer, penguasaan akuntansi dasar dan efikasi diri secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar accurate siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel ialah random sampling. Siswa kelas XI Akuntansi diambil secara random untuk menjadi responden sebanyak 83 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian uji F menunjukkan signifikansi 0,00 yang artinya fasilitas laboratorium komputer, nilai matematika, penguasaan komputer, penguasaan akuntansi dasar dan efikasi diri berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar accurate. Hasil uji t menunjukkan (1) fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar accurate sebesar 2,160; (2) nilai matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar accurate sebesar 2,140; (3) penguasaan komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar accurate sebesar 2,271; (4) penguasaan akuntansi dasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar accurate sebesar 2,447; (5) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar accurate sebesar 3,189. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,874 artinya 87,4% hasil belajar accurate dipengaruhi oleh fasilitas laboratorium komputer, nilai matematika, penguasaan komputer, penguasaan akuntansi dasar dan efikasi diri. Kata Kunci : Fasilitas, Nilai, Penguasaan, Efikasi Diri, Hasil Belajar Abstract Learning outcomes are used to see student achievement after carrying out learning activities and see the extent to which students understand the material and get the desired results. Learning outcomes can not be separated from several factors, internal factors and external factors. The purpose of this study was to determine the effect of computer laboratory facilities, mathematical values, computer mastery, mastery of basic accounting and self-efficacy simultaneously and partially eleventh-grade students of accounting of SMK Negeri 2 Kediri on Accurate Accounting in 2018/2019 period. This study is quantitative study. The sampling technique is random sampling. Eighty-three students of accounting are chosen randomly as respondents. Data is collected through questionnaires and documentation. The results of the F test show a significance of 0.00 which means that computer laboratory facilities, mathematical values, computer mastery, basic accounting mastery and self-efficacy have an effect on the accurate learning outcomes. The results of the t test show that (1) computer laboratory facilities have a positive and significant effect on accurate learning outcomes of 2,160; (2) the mathematics value has a positive and significant effect on accurate learning outcomes of 2,140; (3) computer mastery has a positive and significant effect on accurate learning outcomes of 2,271; (4) mastery of basic accounting has a positive and significant effect on accurate learning outcomes of 2,447; (5) self-efficacy has a positive and significant effect on accurate learning outcomes of 3,189. Adjusted R Square value of 0.874 means that 87,4% learning outcomes are accurately influenced by computer laboratory facilities, mathematics scores, computer mastery, basic accounting mastery and self-efficacy. Keywords: Facilities, Values, Mastery, Self-efficacy, Learning Outcomes
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH KELAS XII SEMESTER II SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO SINTYA INDRIYANI; LUQMAN HAKIM
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis hasil kelayakan serta respon peserta didik terhadap buku ajar yang dikembangkan. Pengembangan buku ajar ini diuji oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis, serta diuji cobakan kepada 20 peserta didik kelas XII Perbankan Syariah SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4D oleh Thiagarajan tanpa dilakukan penyebaran. Penelitian ini mendapatkan hasil dari validasi ahli materi sebesar 85,3% , validasi ahli bahasa 87,1% , validasi grafis 84,4% dan respon peserta didik sebesar 91%. Sehingga rekapitulasinya diperoleh 88,3% dan dapat disimpulkan bahwasannya buku ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Kata Kunci: Buku Ajar, Kurikulum 2013 Revisi, Akuntansi Perbankan Syariah Abstract This study aims to produce and analyze the results of the feasibility and response of students to science-based textbooks on subjects of Islamic Banking Accounting class XII semester II at SMK Negeri 2 Mojokerto. The development of this textbook was tested by 3 experts namely material experts, linguists, and graphic experts and tested it on 20 students of class XII Islamic Banking Accounting in SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. This research method uses the development model according to Thiagarajan 4-D but in this study is limited to the development stage. The results showed that the results of the validation of the material experts got a score of 85.3%, the validation of linguists 87.1%, graphic validation 84.4% and the response of students by 91%. So that the overall score was 88.3% and it can be concluded that the development of scientific-based textbooks is very feasible to be used in the subjects of Islamic Banking Accounting. Keywords: Textbooks, 2013 Revised Curriculum, Accounting for Islamic Banking
PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, EFIKASI DIRI DAN PROGAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN (PPP) TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI 2015 FAKULTAS EKONOMI UNESA VITANA INKO SEPTIARA; AGUNG LISTIADI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru, efikasi diri dan progam pengelolaan pembelajaran terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi Unesa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, dan dokumentasi.Populasi dan sampel dalam penelitian ini total keseluruhan 84 mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2015 dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah di uji asumsi klasik dengan bantuan progam SPSS versi 22.0.Berdasarkan hasil uji t, nilai signifikan hasil analisis variabel persepsi profesi guru sebesar 0,001, efikasi diri sebesar 0,000 dan progam pengelolaan pembelajaran (PPP) sebesar 0,035. Artinya secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap minat menjadi guru karena memiliki nilai signifikan < 0,05. Sedangkan hasil uji F diperoleh nilai signifikan 0 ,000. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi profesi guru, efikasi diri, dan progam pengelolaan pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap minat menjadi guru akuntansi mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi Unesa. Disamping uji t dan uji F, nilai R square (R2) sebesar 0,789 artinya 78,9% minat menjadi guru akuntansi dipengaruhi oleh persepsi profesi guru, efikasi diri, dan progam pengelolaan pembelajaran (PPP). Kata kunci : Persepsi profesi guru, Efikasi Diri, Progam Pengelolaan Pembelajaran, Minat menjadi guru Abstract This research aims to determine the effect of teacher profession perception, self-efficacy, and management learning program toward the interest to be an accounting teacher to the students of accounting education study in 2015 at the Faculty of Economics in Surabaya State University. This research is a quantitative research that uses the technique of data collection using interviews, questionnaires, and documentation. The populations and samples of this research are 84 students of accounting education study in 2015 using the saturated samples. The data analysis technique of this research uses the multiple linear regression analysis, which has tested on the classical assumption test by the researcher using the SPSS version 22.0 program previously. Based on the t-test result, the significant value of the analysis result of the teacher profession perception variable is 0.001, the self-efficacy variable is 0,000, and the management learning program variable is 0.035. It means that as partially, the three variables influence the interest to be a teacher because it has a significant value as <0.05. While, the F-test result has a significant value as 0,000. This shows us that the teacher profession perception, the self-efficacy, and the management learning program simultaneous influence the interest to be an accounting teacher to the students of accounting education study in 2015 at Faculty of Economics in Surabaya State University. Besides the t-test and F-test, the value of R square (R2) is 0.789. It means that 78.9% of the interest to be an accounting teacher is influenced by the teacher profession perception, the self-efficacy, and the management learning program. While, 21.1% is caused by the other factors that do not explain in this research. Keywords: Teacher profession perception, Self Efficacy, Management Learning Program, Interest to be a teacher
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO SRI APRILIANI ARUM SARI; EKO WAHJUDI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian Tindakan Kelas atau yang lebih disingkat PTK merupakan suatu penelitian yang berawal dari sebuah permasalahan yang ada di kelas yang diselesaikan dengan cara melakukan beberapa siklus.Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan, permasalahan yang terjadi di SMKN 2 Buduran pada saat proses belajar mengajar adalah hasil belajar peserta didik yang rendah atau belum mencapai ketuntasan minimal pada mata pelajaran administrasi pajak. Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan cara model pembelajaran STAD diterapkan. Hasil yang peneliti dilakukan bersama guru kolaborator, diketahui bahwa pada siklus pertama pelaksanaan pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran STAD mendapatkan prosentase 89% dan siklus kedua sebesar 95% sehingga kriteria yang didapat adalah sangat baik. Capaian hasil belajar peserta didik telah meningkat dimana pada siklus satu mendapatkan prosentase sebesar 75% dan di siklus dua telah meningkat hingga mendapatkan kriteria sangat aktif dengan prosentase akhir sebesar 83%. Respon peserta didik memperoleh respon yang positif pada siklus satu dengan prosentase sebesar 84% sedangkan di siklus dua sebesar 86% dengan kriteria sangat memahami. Dari hasil tersebutdapat disimpulkan dimana penerapan model pembelajaran STAD dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik agar meningkat pada mata pelajaran administrasi pajak kelas XI Akuntansi di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, hasil belajar peserta didik Abstract Classroom Action Research or more abbreviated PTK is a study that begins with a problem in the classroom that is solved by conducting several cycles. learners who are low or have not reached the minimum completeness in tax administration subjects. In this study aims to improve student learning outcomes by means of the STAD learning model applied. The results of the researchers conducted with collaborator teachers, it is known that in the first cycle of learning implementation in implementing STAD learning models get a percentage of 89% and the second cycle of 95% so that the criteria obtained are very good. Student learning outcomes have increased where in the first cycle to get a percentage of 75% and in the second cycle has increased to get very active criteria with a final percentage of 83%. The response of students got a positive response in cycle one with a percentage of 84% while in the second cycle of 86% with the criteria of understanding. From these results it can be concluded that the application of the STAD learning model can influence student learning outcomes so that it increases in tax administration subjects in class XI Accounting at SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Keywords : Coperative Learning Model Of Student Team Achievement Divisions (STAD), student learning result
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN PROGRAM PENGOLAHAN ANGKA (SPREADSHEET) UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KALITENGAH LAMONGAN NUR FARIDAH, LUTVI; , ROCHMAWATI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis hasil kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi android pada mata pelajaran program pengolahan angka (spreadsheet) untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan. Model pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penelitian ini memperoleh hasil dari para ahli sebesar 86%, 90%, dan respon siswa sebesar 92% sehingga rata-rata prosentase keseluruhan yang diperoleh adalah 89,33% dengan kriteria sangat layak. Sehingga, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran mobile learning yang dikembangkan sangat layak untuk dipergunakan sebagai bahan pengamatan pada mata pelajaran program pengolahan angka (spreadsheet). Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mobile Learning, Spreadsheet, Android Abstract The purpose of the research is to produce and analyze the results of appropiateness and response of students to the learning media by mobile learning based on android applications on subjects of number processing programs (spreadsheets) for class X students of SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan. The development model used in this research development refers to the ADDIE development. The results of the research showed that the results of material expert validation by 86%, validation of media experts by 90%, and student responses by 92% so the average overall percentage obtained was 89.33% with very decent criteria. So, it can be said that the learning media by mobile learning developed are very decent to be used as observation material in subjects of number processing programs (spreadsheets). Keywords : Learning Media, Mobile Lerning, Spreadsheed, Android
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA UNTUK SMK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA NUR AINI, ELLA; , SUSANTI
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar di mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga berbasis kontekstual untuk SMK kelas XI kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga. Subjek uji cobanya adalah 20 peserta didik dari kelas XI di SMK Negeri 4 Surabaya. Model pengembangannya adalah 4–D yaitu tahap define, tahap design, tahap develop tanpa tahap disseminate. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa kelayakan dari para ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis secara berturut–turut diperoleh presentase sebesar 84,28%, 74,76%, dan 86,84% dan pada rata–rata responnya peserta didik diperoleh presentase sebesar 93%. Kata Kunci: bahan ajar, kontekstual, praktikum akuntansi lembaga Abstract This development research aims to produce teaching materials in the form of textbook for institution accounting practice subject based on contextual for class XI vocational accounting and financial institutions competencies. The subjects of the trial are 20 students from class XI accounting and financial institutions competencies at SMK Negeri 4 Surabaya. The development model is 4-D, namely the define stage, the design stage, the develop stage without the disseminate stage. The analysis technique used in this study was descriptive qualitative and quantitative. The results of this development study shows that the feasibility from material experts, linguists, and graphic experts in a row obtained a percentage of 84,28%, 74,76% and 86,84% and while the average response of students obtained a percentage of 93%. Keywords: Teaching materials, contextual, institution accounting practice

Page 1 of 54 | Total Record : 533