Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 3 (2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK(LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH KELAS XI SEMESTER 1 DI SMK/MAK

RIKA NABILA (Unknown)
LUQMAN HAKIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pada mata pelajaran Akuntansi Perbankan syariah berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan mengetahui respon peserta didik di SMKN 1 Sambeng serta bertujuan untuk mengetahui keIayakan LKPD terhadap lembar kegiatan peserta didik yang dihasilkan. Berdasarkan hasil dari lembar telaah ahli, lembar validasi ahli, dan lembar respon peserta didik menunjukkan LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan materi, kebahasaan, dan kegrafikaan mendapatkan presentase sebesar 81%, 87%, 86%, dan 86% dengan rata-rata keIayakan sebesar 84,75% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya diuji cobakan secara terbatas pada peserta didk yaitu 20 responden. HasiI respon peserta didik diperoleh keIayakan produk sebesar 90% dengan kriteria sangat memahami. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya. Kata Kunci: Bahan Ajar, LKPD, Akuntansi Perbankan Syariah, HOTS Abstract This Development Research produces teaching materials consisting of Student Activity Sheets on Islamic banking Accounting subjects ased on high-level thinking skills (HOTS) by studying the students response at SMK Negeri 1 Sambeng and helping to learn the feasibility of student activity sheets against the participant activity sheets students produced. But this research is only limitd to dvelopmentt. The research instrumnts used were open questionnaire sheets and closed questionnaire sheets. Based on study sheets, expert sheets, of 81%, 87%, 86%, and 86% with an average elgibility of 84.75% with very decent criterias. More about participants is limited to students, namely 20 respondens. The results of participant responses, obtained 90% with very decent criteria. Thus the developed teaching material is very appropriate as supportng teachng material in a difficult learning process. Keywords: Teaching Materials,LKPD, Accounting Sharia Banking, HOTS.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...