TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2021)

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX A MTs NEGERI 1 KENDAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

SLAMET AGUS BUDIYONO (MTs. Negeri 1 Kendal, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Pendekatan pembelajaran dengan Metode Problem-Based Learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan Hasil belajar siswa pelajaran IPS dengan menerapkan Metode Problem-Based Learning . Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 61,94 % pada siklus I, dapat meningkat pada siklus VI menjadi 100 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan Metode Problem-Based Learning dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pelajaran IPS dengan ketuntasan mencapai 100 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teaching

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan keguruan dan ilmu ...