Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi guru, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran fiksi pada Muatan Bahasa Indonesia kelas IV MIN 2 Kota Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman yaitu reduction, data display dan data conclusion-verifektion. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: (1) strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran fiksi pada muatan Bahasa Indoensia kelas IV di MIN 2 Kota Mataram adalah strategi pembelajaran kooperatif; (2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran fiksi pada muatan Bahasa Indonesia kelas IV di MIN 2 Kota Mataram adalah kurangnya sarana dan prasana, waktu yang terbatas, kurangnya perhatian peserta didik terhadap penjelasan guru, dan kurang adanya sifat suka bekerjasama; serta (3) upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada saat pembelajaran yaitu dengan membuat pokok masalah atau materi semenarik mungkin, mengkaitkan materi dengan dunia nyata atau dunia peserta didik itu sendiri, dan dengan membuat atau mempergunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan dapat dipergunakan oleh semua peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020