Idrak: Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2018): Idrak

Pendidikan Multikulturalisme Berbasis Alquran

Akmal Rizki Gunawan Hasibuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Salah satu problematika masyarakat postmodern adalah euforia perbedaan. Ketika arus multikulturalisme itu mencapai eksremitasnya, akan lahir rasisme, yaitu puncak individu atau kelompok meneguhkan perbedaannya sehingga tidak bisa dipertemukan. Wacana ini sangat bertentangan dengan penjelasan Alquran (al-Hujarat: 13), yang mengindikasikanbahwasanya seluruh bangsa adalah kawan, seluruh manusia adalah sahabat, dan tujuan yang paling akhir adalah perdamaian. Dengan pendekatan library research, kajian ini menyimpulkan bahwa konsep pendidikan multikultural berbasis Alquran dalammembangun karakter kebangsaan penting dielaborasi, yang meliputi: Ketauhidan Kemanusiaan, Persatuan, Permusyawaratan, dan Keadilan. Hal ini berdasarkan deskripsi Alquran mengenai interkoneksi dan interaksi harmonis antara manusia dengan Allah(habl ma’a Allah), manusia dengan dirinya sendiri (habl ma’a nafsih ) manusia dengan manusia (habl ma’a al-nas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir maudu’i dan metode historis-kritis-kontekstual. Dari itu, diperoleh bahwa sesungguhnya konsep pendidikan multikultural berbasis Alquran dapat membangun karakter kebangsaan dengan empat langkah, yaitu; penerapan pendidikan multikultural bersandarkan akidah, pengembangan potensi intelektual manusia, pengembangan akhlak baik terhadap sesama, penerapan menyerukan kedamaian.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

idrak

Publisher

Subject

Education

Description

Idrak: Journal of Islamic Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah, Medan, sejak 01 Desember 2018. Jurnal ini mengkaji ilmu-ilmu yang terkait dengan Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren. Jurnal ini bertujuan sebagai media ...