Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi banyak mahasiswa yang memiliki hobi bermain game online yang berdampak pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis dan (2) hubungan kecanduan game online dan self-regulation mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan korelasional menggunakan subjek penelitian pemain game online dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang yang diberi angket kecanduan game online dan didapatkan 14 orang untuk diberikan form lanjutan berupa soal berpikir kreatif matematis dan angket self-regulation. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman menunjukan: (1) nilai signifikansi kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis = 0.071 (a > 0.05) maka tidak ada hubungan antara kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis; (2) nilai signifikansi kecanduan game online dan self-regulation = 0.003 (a < 0.05) dan koefisien korelasi = -0.728, maka terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan self-regulation mahasiswa dan koefisien korelasinya bernilai negatif artinya hubungan yang berbanding terbalik yakni semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka semakin rendah self-regulation tersebut.
Copyrights © 2020