JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

Analisis Pemecahan Masalah Matematika pada Blended Learning dengan Menggunakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Ibnatur Husnul, Nisak Ruwah (Unknown)
Nurullah, Mawardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemecahan masalah matematika pada blended learning dengan menggunakan kemampuan berpikir mahasiswa di perguruan tinggi se-jabodetabek. Dimana perguruan tinggi tersebut harus menerapkan blended learning di program studi matematika. Komponen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen mahasiswa adalah fluency, flexibility, originality, dan elaboration.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling, dan teknik pengambilan data dengan memberikan tes pemecahan masalah statistik, menganalisis hasil tes pemecahan masalah statistik, mengelompokkan mahasiswa ke dalam kelompok atas, menengah, dan bawah untuk kemudian dipilih 1 mahasiswa guna diwawancarai terkait hasil tes. Wawancara ini bertujuan untuk mengklarifikasi hasil tes pemecahan masalah statistik dalam kemampuan berpikir divergen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning UNPAM dengan komponen yang berhasil diserap adalah fluency, originality dan elaboration. Untuk BINUS dalam kontekstual-learning dengan komponen yang terserap adalah fluency, flexibility, originality dan elaboration. BINUS dengan e-learning, menunjukkan komponen yang terserap adalah fluency dan elaboration.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Journal of Mathematics Education) published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education in Malang Islamic University. Publish twice a year in February and August. Contains writings that are taken from the results of the ...