JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

DAMPAK PENERAPAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

Liny Mardhiyatirrahmah (Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Muchlas Muchlas (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Marhayati Marhayati (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Science, technology, engineering, and mathematics (STEM) diterapkan di berbagai sekolah karena pembelajaran ini melibatkan banyak aspek dalam kegiatan belajar matematika. Keterlibatan berbagai aspek tersebut dinilai mampu membantu siswa dalam belajar. Kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika begitu kompleks sehingga guru membutuhkan solusi yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan kemajuan IPTEK saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan STEM pada pelajaran matematika di sekolah serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur. Penelitian ini mengkaji berbagai artikel, jurnal, buku, dan sumber lain terkait penerapan pendekatan STEM pada matematika di sekolah. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa pendekatan STEM memberikan dampak positif terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Dampak positif pada aspek kognitif ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar matematika pengetahuan kosakata matematika. Dampak positif pada aspek afektif ditunjukkan dengan adanya peningkatan perilaku atau afektif matematis dan dampak positif pada aspek psikomotor ditandai dengan adanya peningkatan kemampuan kreatifitas siswa. Meski begitu, ada beberapa faktor lainnya yang ikut mempengaruhi seperti kerja sama pemerintah daerah dengan sekolah, strategi yang tepat untuk mendukung populasi siswa yang begitu banyak, kebijakan negara, latar belakang ekonomi, suku bangsa, durasi waktu yang digunakan saat proses belajar mengajar, model pembelajaran, dan kebiasaan siswa dalam belajar matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Journal of Mathematics Education) published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education in Malang Islamic University. Publish twice a year in February and August. Contains writings that are taken from the results of the ...