Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan

Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 19 Bengkulu Selatan

Maha Putra (Universitas Pelita Bangsa)
Edora Edora (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dari pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran Team Quiz di SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan?. Apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas VII A SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan?. Tujuan pembelajaran ini adalah : Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode pembelajaran Team Quiz di SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan. Untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII A SMP Negeri 19 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukan : Dengan penerapan metode pembelajaran Team Quiz pada pembelajaran IPS aktivitas siswa meningkat yaitu dari rata-rata skor 12 (Cukup) pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 14,5 (Baik). Serta dengan pengujian peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan uji tes “t” menunjukan thitung = 11,10 > ttabel = 2,78, dengan demikian to adalah jauh lebih besar dari ttabel, berarti antara nilai post tes siklus I dengan nilai post tes siklus II terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...