Penelitian mencoba fokus dalam persoalan tentang cara mengaplikasikan Kecerdasan Ganda dalam kegiatan Ekstrakulikuler Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah Kota Metro yang dimulai dengan proses input dan juga outputnya. Sebagai jawaban dari persoalan itu, maka kemudian dipilihlah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan pengumpulan datanya adalah tanya jawab, pengamatan dan pendokumentasian. Data yang didapat kemudian dianalisa menggunakan metode analisis domain, yaitu dengan memilih data sedemikian rupa hingga terlihat adanya persamaan khusus yang bisa dikategorikan dengan ciri khusus. Sehingga dapat menguji kevalidannya dengan cara triangulasi. Hasil dari penelitian menampilkan yaitu pada proses pemasukan data, pengaplikasian Kecerdasan ganda di dalam kegiatan Ekstrakulikuler ini cukup memiliki progres yang optimal karena ada alat khusus yang dapat digunakan dalam mengukur Kecerdasan ganda. Selanjutnya, di tahap proses, penerapan Kecerdasan ganda dalam kegiatan Ekstrakulikuler juga belum sepenuhnya optimal karena belum ada sebuah follow up khusus yang membahas mengenai Kecerdasan ganda untuk para guru Ekstrakulikuler. Terakhir, tahap keluaran, penerapan Kecerdasan ganda dalam kegiatan Ekstrakulikuler sedang mengupayakan maksimal karena belum mampu menilai secara absolut dan kompleks
Copyrights © 2020