Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 3, No 1 (2021): Februari

Diagnosa Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo ‎pada Materi Termokimia

Mangara Sihaloho (Universitas Negeri Gorontalo)
Sutra S Hadis (Universitas Negeri Gorontalo)
Ahmad Kadir Kilo (Universitas Negeri Gorontalo)
Akram La Kilo (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Tanpa disadari, setiap siswa senantiasa memiliki miskonsepsi pada materi kimia. Diganosa ‎miskonsepsi sejak dini sangat penting untuk menghentikan miskonsepsi agar tidak berpemngaruh ‎pada konsepsi beikutnya dan hasil belajar yang buru. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk ‎mendiagnosa miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo pada materi termokimia dengan ‎cara tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat. Sebanyak 25 soal pilihan ganda tersebut telah valid ‎dan reliabel serta diujikan pada 65 siswa SMA tersebut. Hasil yang diperoleh bahwa jumlah siswa ‎yang mengalami miskonsepsi sangat rendah, rendah, dan sedang masing-masing adalah 60 (92%), ‎‎3 (5%), dan 2 (3%). Sementara, miskonsepsi dengan kategori tinggi dan sangat tinggi tidak ‎ditemukan. Indikator materi yang mengalami miskonsepsi banyak adalah soal tentang teori atau ‎konsep dibandingkan dengan perhitungan. Teori tersebut tentnag membedakan jenis reaksi ‎eksoterm dan endoterm dan membedakan macam-macam perubahan entalpi molar. Hal ini ‎mengindikasikan bahwa siswa lebih banyak menghafal daripada memahami materi termokimia. ‎Hasil diagnosa ini dapat dijadikan acuan untuk pembelajran termokimia agar guru dapat ‎menerapkan cara yang tepat dalam pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...