Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan modul pembelajaran kimia yang berjudul pakan jeroan ikan untuk pertumbuhan ikan lele terintegrasi STEM-PBL yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dan dievaluasi dengan menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, dan small group. Hasil tahapan expert review memperoleh skor rata-rata kevalidan sebesar 0,81 skala Aiken dengan kategori kevalidan tinggi. Hasil skor akhir kepraktisan pada uji one-to-one sebesar 0,91 skala Aiken (kepraktisan tinggi) dan small group 0,81 skala Aiken (kepraktisan tinggi). Hasil tahapan field test menunjukan skor akhir n-gain adalah sebesar 0,796 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia terintegrasi STEM-PBL telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran mata kuliah kewirausahaan. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran Kimia, STEM-PBL, Pakan Jeroan Ikan Untuk Pertumbuhan Ikan Lele.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020