Penilaian dalam pembelajaran PJOK memberikan informasi terkait perubahan kemajuan atau kemunduran keterampilan gerak peserta didik. Penilaian PJOK dapat dilakukan dalam ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Penilaian tersebut memberikan ruang bagi peserta didik yang memiliki kecenderungan kelemahan non akademis dalam keterampilan gerak olahraga. Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi terkait instrumen penilaian pembelajaran PJOK pada tingkat sekolah menengah pertama. Metode review dipilih untuk mendapatkan jurnal penelitian dengan kata kunci instrumen penilaian PJOK SMP atau assessment instrument in physical education pada sumber rujukan google scholar, sciencedirect, dan research gate. 12 jurnal telah direview berdasarkan sumber rujukan, sampel, metode penelitian, jenis instrumen dan hasil temuan. Hasil review menunjukkan bahwa instrumen penilaian PJOK dapat dilakukan berdasarkan konteks yang ingin dinilai, aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Instrumen penilaian pada aspek kognitif dapat berupa pengamatan, aspek psikomotorik berupa rubrik penilaian gerak, sedangkan aspek afektif dapat berupa soal essay.
Copyrights © 2021