JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 4, No 4 (2020): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis Zenius.Net Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Siswa

Safitri, Baiq Rina Amalia (Unknown)
Herayanti, Lovy Rina Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2020

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis Zenius.Net dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dengan metode penelitian Pra-eksperimental menggunakan rancangan penelitian one group pretes posttest. Sampel penelitian adalah siswa MA Anshor Beber sebanyak 17 siswa dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Data dianalisis dengan metode N-gain ternormalisasi dan paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain pemahaman konsep siswa setelah penerapan video pembelajaran berbasis zenius.net sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Rata-rata pemahaman konsep siswa setelah perlakuan (72.2) lebih besar secara signifikan daripada sebelum perlakuan (33.8) yang dibuktikan oleh = =19,6 yang lebih besar daripada = 1,8 pada dk = 15 dan p = 0,000. Hasil pemahaman konsep sejalan dengan hasil motivasi belajar siswa sama dengan 60% rata-rata skor ideal, maka dapat disimpulkan video pembelajaran berbasis zenius.net dapat memotivasi dan meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...