JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 4, No 4 (2020): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

Penerapan Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

Wijayanti, Tri Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari apakah SQ3R dapat meningatkan hasil belajar biologi siswa SMA  Negeri 1 Labuapi pada materi pokok sistem pencernaan makanan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek kelas XI IPA yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen adalah dokumentasi, wawancara, tes, dan lembar observasi. Analisa data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I adalah 66,25 dan siklus II adalah 76,72. Hal itu berarti terdapat peningatan antara siklus I dan siklus II. Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa metode SQ3R adalah sebuah metode yang bagus untuk diterapkan pada pembelajaran biologi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...