Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan peran komite sekolah sebagai badan pemberi pertimbangan, terhadap kepemimpinan kepala sekolah di TK Doremi Mataram Kecamatan Selaparang. Pendekatan penelitian ini menggunakaan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Sumber data ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari informan. Data sekunder bersumber dari dokumen resmi yang ada dalam bentuk catatan, gambar, foto dan bahan lain yang dapat mendukung penelitian ini. Prosedur pengumpulan data adalah: (1) wawancara terstruktur, (2) observasi, dan (3) studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi empat tehnik yaitu uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa tidak ada peran serta komite dalam memberikan pertimbangan terhadap penerimaan dan pengelolaan peserta didik. Penerimaan dan pengelolaan peserta didik diatur sendiri oleh pihak sekolah, mulai dari menentukan metode dan kegiatan yang dilakasnakan dengan memperhatikan kebutuhan dan perkembangan anak usia dini.
Copyrights © 2020