Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kemampuan guru merancang kegiatan mendongeng untuk anak usia dini, (2) mengetahui strategi pelatihan mendongeng untuk peningkatan literasi guru   PAUD di Kab. Serang, (3) mengetahui evaluasi keberhasilan peningkatan kemampuan literasi melalui pelatihan mendongeng untuk guru PAUD di Kab. Serang. Metode penelitian ini kualitatif naturalistic Bogdan dan Biklen. Subjek penelitian 53 guru PAUD. Lokasi penelitian di aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang. Temuan-temuan hasil penelitian: (1) kemampuan literasi guru PAUD pada skala 4 dengan kriteria baik, (2) praktik mendongeng guru PAUD pada skala 4 dengan kriteria baik. Kesimpulan penelitian yaitu: (1) guru mampu merancang kegiatan mendongeng dengan membuat dan menggunakan APE dari bahan flannel, buku cerita buatan sendiri, boneka jari, dan boneka tangan, (2) guru mampu menerapkan strategi pelatihan mendongeng untuk peningkatan literasi guru PAUD di Kabupaten Serang dengan cara pengelolaan kelas untuk kegiatan mendongeng, pengorganisasian anak, pengelolaan tempat duduk anak, penataan ruang kelas, penataan media, kebersihan, kerapihan, keindahan serta pemilihan media sesuai karakter tokoh dalam mendongeng, (3) evaluasi kegiatan pelatihan mendongeng berjalan dengan lancar dan menyenangkan, dibuktikan dengan kemampuan literasi guru PAUD pada skala 4 kriteria baik, pelaksanaan mendongeng pada skala 4 kriteria baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020