BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 6 No 1 (2021): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Belajar melalui Video untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Guru IPA

Indrie Prihastuti (Unknown)
Ari Widodo (Universitas Pendidikan Indonesia)
Liliasari . (Universitas Pendidikan Indonesia)
Riandi . (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Berpikir kritis dalam memecahkan masalah merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran. Agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang diperlukan guru yang memiliki keterampilan berpikir kritis pula. Keterampilan berpikir kritis ini dapat belajar melalui kegiatan pelatihan guru. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kritis guru setelah mengikuti pelatihan berbasis video. Video digunakan sebagai sumber belajar utama dalam pelatihan ini. Subjek penelitian ini adalah 44 orang guru IPA SMP. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan platform google classroom. Peserta mempelajari 8 segmen video secara bertahap tentang delapan keterampilan berpikir kritis. Setelah mempelajari setiap segmen video, peserta diberikan pertanyaan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis mereka. Seorang pelatih ditugaskan untuk mengatur jalannya pelatihan dan memberikan umpan balik terhadap hasil kerja peserta. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan berpikir kritis adalah 54.19 (SD=14). Meskipun hasil yang didapatkan peserta belum optimal, pemanfaatan video patut untuk dipertimbangkan sebagai alternatif kegiatan pelatihan guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Education

Description

BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari ...