Penelitian ini membahas pengembangan alat papan pintar (Smart Board) pendidikan untuk pengembangan bahasa anak usia dini (AUD). Dalam konteks ini, masih ada masalah dengan perkembangan bahasa anak-anak dalam perkembangan anak usia dini, seperti kemampuan anak-anak untuk mengenali huruf di lingkungan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan kemampuan untuk masih mengeja nama objek.. Teknik analisis data bersifat analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah untuk menggunakan permainan papan pintar adalah sebagai berikut: (1) Guru mengundang mereka untuk memperhatikan permainan papan pintar; (2) Kemudian menjelaskan proses bermain permainan papan pintar; (3) Biarkan anak-anak memberi nama benda-benda di papan tulis dan kemudian bertanya Anak-anak mengatur setiap huruf sesuai dengan nama objeK, Jika anak menemui masalah dalam menjalankan permainan papan pintar ini, guru akan membimbing mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020