Seling: Journal of PGRA Study Program
Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021

Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto

Putri Ismawati (STITNU Al Hikmah Mojokerto)
Susi Maulida (STITNU Al Hikmah Mojokerto)
Umi Maysaroh (STITNU Al Hikmah Mojokerto)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran daring guru tidak bisa memantau perkembangan fisik motorik anak, karena anak-anak lebih banyak belajar dirumah dan dirumahpun anak-anak tidak bisa leluasa keluar rumah untuk bermain ataupun pergi rekreasi. Akibatnya banyak orangtua yang berfikir bahwa dengan bermain HP lah yang menjadi solusi utamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik anak di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus Puri Mojokerto. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan, baik secara teoritis maupun praktis bagi peneliti sesuai dengan fokus penelitian yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan tempat penelitian di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus yang dilaksanakan pada 1 April – 30 Mei 2020. Adapun subjek penelitian adalah 10 siswa RA Nurul Hikmah Dsn.Ketemas RT.03/RW.02. Sedangkan informan penelitiannya adalah kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan peneliti adalah indikator fisik motorik. Analis data menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian perkembangan fisik motorik anak pada saat pembelajaran daring mengalami penurunan. Penurunan ini ditunjukkan dari hasil penilaian kepada 10 anak yang hasilnya rata-rata mulai berkembang (MB). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik anak di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus Puri Mojokerto kurang efektif.

Copyrights © 2021