Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan pemahaman resiko pernikahan pada siswa kelas X MA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model penelitian pre Eksperimental dengan menggunakan One Group Pre Tes Post Tes Design. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) analisis dokumen, yaitu daftar nama, jumlah siswa kelas X.2 (IPA) MA NW Pringgasela dan foto dokumentasi penelitian. (2) Metode tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisisan angket. (3) Observasi. Dari hasil analisis data layanan bimbingan klasikal terhadap akan resiko pernikahan dini pada siswa yang menggunakan teknik analisis statistik t-test, diperoleh thitung sebesar 5,778 sedangkan besarnya angka pada tabel nilai t untuk uji satu pihak (one tail test) dengan taraf signifikasi 0.05 (5%) pada d.b N-1= 9 adalah 1,833. Oleh karena itu hasil analisis data sebesar 5,778 berada di atas angka batas penolakan hipotesis nol yang besarnya 1,833 (nilai thitung > ttabel), maka penelitian ini adalah signifikan
Copyrights © 2020