Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 7, No 1 (2021): Jurna Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

Penerapan online Problem-Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri

Choiroh Nurussyifa (SD Negeri Pageron, Purworejo)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Di era pandemi, guru SD mengalami kebingungan dalam mempraktikkan pembelajaran online. Hal ini menyebabkan siswa sulit mengembangkan keterampilan menulis dan tingkat kepercayaan dirinya rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran online problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri siswa. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pageron, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Sebanyak 25 siswa kelas V (lima) SD berpartisipasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Tes menulis, catatan lapangan, dan lembar observasi selama pembelajaran menulis secara online digunakan sebagai instrument penelitian. Data ditriangulasi dan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa meningkat yakni 63,11% di siklus I, 74,71% di siklus II, dan 86,62% di siklus III. kepercayaan diri siswa juga meningkat yakni 62,53% di siklus I, 71,86% di siklus II, and 83,66% di siklus III. Peneliti menyimpulkan bahwa online problem-based learning merupakan metode pengajaran yang efektif dalam pembelajaran menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...