Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri, perbedaan serta persamaan konsep pembelajaran kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri, serta mengetahui relevansi metode pembelajaran inkuiri. Rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada materi bangun datar dikarenakan metode yang digunakan guru masih menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru, penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas, kurangnya siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan, dan siswa merasa malu untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami. Beberapa faktor di atas merupakan penyebab rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder atau studi literatur yang bersifat kepustakaan (library research). Data sekunder atau studi literatur berdasarkan dua skripsi dan satu jurnal yang dianalisis untuk mengetahui konsep, persamaan dan perbedaan, serta relevansi penggunaan metode inkuiri. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan: (1) Konsep kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri menunjukan hasil yang positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan pemahaman serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Terdapat perbedaan serta persamaan konsep kemampuan pemahaman dengan metode inkuiri yaitu persamaan dalam penggunaan metode serta memiliki perbedaan dalam jenis penelitian, materi yang dibahas, dan menggunakan media yang berbeda, (3) Relevansi hasil penelitian antara kedua skripsi dan satu jurnal menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar berbantuan media kertas lipat.
Copyrights © 2021