COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 5 (2020)

PENGGUNAANMETODE PEMBELAJARAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN SISWA KELAS I SD

Ira Yudistira (PGSD IKIP Siliwangi)
Sylvia Rabbani (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas I SD Plus Al Aitaam dapat disimpulkan sebagai berikut ini. (1) Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengenai materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Realisics Mathematic Education(RME) dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah. (3) penggunaan metode Realistics Mathematic Education (RME) yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini mempunyai implikasi praktis bahwa jika penggunakan metode Realistics Mathematic Education (RME) dibiasakan dalam pembelajaran matematika di sekolah dapat meningkatkan keaktifan siswa dan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Penggunaan metode Realistics Mathematic Education (RME)  dalam pembelajaran pada usia sekolah dasar berada pada fase operasional konkret, sangat mendukung terciptanya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Dengan penggunaan metode Realistics Mathematic Education (RME) pembelajaran akan kebih bermakna, selain itu pembelajaran melatih keaktifan siswa.Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti memberikan saran yaitu: (1) guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika dengan materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan sebaiknya menggunakan metode Realistics Mathematic Education (RME), (2) guru berkolaborasi dengan kepala sekolah berupaya menyediakan media pembelajaran sesuai dengan keragaman dan karakteristik masing-masing materi matematika SD, (3) pembelajaran matematika SD sebaiknya diajarkan melalui pendekatan yang sesuai dengan karakteristikanya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...