COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PADA SISWA SD KELAS III MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL

Lestari, Nuni Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Penelitian  ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis surat. Dimana kemampuan menyampaikan isi pesan menjadi hal yang sulit karena membutuhkan kecakapan dalam menceritakan berbagai ide baik berupa gagasan dan perasaan seseorang kedalam media tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pada pembelajaran menulis surat  pada siswa kelas III SD setelah diterapkannya metode kontekstual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...