COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 4 (2021)

PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II TEMA II MADRASAH IBTIDAIYAH

Linda Indiyarti Putri (Wahid Hasyim University)
Ummu Jauharin Farda (Wahid Hasyim University)
Hidayatul Umah (Wahid Hasyim University)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Pemanfaatan teknologi berupa game edukasi berbasis android menjadi salah satu solusi pembelajaran bagi peserta didik dan guru. Selain bisa melatih psikomotor peserta didik juga dapat merangsang daya pikir dengan harapan mampu memecahkan masalah matematika yang dihadapi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game edukasi berbasis android terhadap hasil belajar matematika tema 2 kelas II Madrasah Ibtidaiyah Futuh Suqmurgung Tuban. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik analisis Product Moment. Sampel penelitian sebanyak 28 peserta didik menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes (Post Test), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan media game edukasi berbasis android terhadap hasil belajar. Hasil perhitungan didapatkan rh adalah 0,554, sedangkan pada taraf signifikansi 5% rt diperoleh nilai sebesar 0,361. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan perbandingan rt < rh yang berarti bahwa adanya korelasi yang signifikan antara media game edukasi berbasis android terhadap hasil belajar matematika dengan tingkat hubungan sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...