COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 4 (2021)

PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Ai Sopiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Pembelajaran menulis karangan pada siswa Sekolah Dasar. sebagaimana hakikat mengarang adalah segenap rangkaian kegiatan seseorang mengungkapkan gagasan atau ide yang dimiliki seseorang kemudian menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada masyarakat pembaca untuk dipahami. Dengan menggunakan metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Pendekatan konstektual merupakan pendekatan yang membantu guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan dengan menggunakan metode CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat mempermudah serta mengoptimalkan kompetensi siswa dalam menulis karangan sehingga siswa dapat konsisten dalam menulis karangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dilakukan yakni SDN Fauzan Cianjur Kabupaten Cianjur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Fauzan Cianjur dengan jumlah keseluruhan 22 anak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode CTL dapat meningkatkan pembelajaran menulis karangangan pada siswa kelas V di SDN Fauzan Cianjur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...