COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SEDERHANA PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXPERIENTAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI

Nia Kurnia (Ikip Siliwangi)
Deden Herdiana Altaftazani (Ikip Siliwangi)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SDN Ciwaruga 1 Kabupaten Barat.Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VB yang berjumlah 33 orang.Metode pengumpulan data yaitu observasi, pengumpulan angket, wawancara dan tes tertulis.Penelitian ini dilandasi karena masih rendahnya kemampuan anak dalam menulis narasi sederhana. Hal ini terbukti dengan hasil tes menulis narasi siswa kelas VB yang hampir 80,9% atau sekitar 28 dari 33 orang siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu pendekatan Experiental Learning tidak hanya mengutamakan pengalaman anak saja namun membuat pengalaman baru yang berkesan pada diri siswa dan menumbuhkan rasa percaya diri mereka.Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran menulis narasi sederhana dengan menggunakan pendekatan ExperientalLearning berbantuan media gambar seri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...