COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 3 (2021)

PENERAPAN METODE DIRECT INSTRUCTION BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA

Isna Amanaturrakhmah (STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektifitas belajar mahasiswa PGSD STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu selama masa pandemic COVID-19. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling, yakni mahasiswa semester VII yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan efektifitas yang signifikan pada setiap siklus pembelajaran. Pada siklus I efektifitas belajar mahasiswa tercapai dengan kategori baik. 20 mahasiswa dinilai aktif dalam kegiatan pembelajaran, 19 mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran. Pada siklus 2, efektifitas belajar mahasiswa mencapai kategori baik, dengan perkembangan 24 mahasiswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, 24 mahasiswa dinilai mencapai tujuan pembelajaran. Siklus 3 menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran mahasiswa berada pada kategori sangat baik. Pada siklus ini 32 mahasiswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan 29 mahasiswa telah mencapai tujuan pembelajaran. Begitu juga dengan siklus 4 yang menunjukkan perkembangan efektivitas belajar pada kategori sangat baik. Pada siklus ini 32 mahasiswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan 30 mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran. oleh karena itu metode Direct Instruction yang didukung dengan media audio visual disimpulkan dapat meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...