COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 4 (2021)

PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA SD KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN METODE CTL

Endah Nurzaenah (IKIP Siliwangi)
Deri Fadly Pratama (IKIP Siliwangi)
Uus Kuswendi (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran Ipa dalam materi sumber energi dan kegunananya dengan metode (Contextual  Teaching  and  Learning ) CTl. Pembelajaran yang melibatkan siswa agar mendapat pengalaman secara langsung dan siswa tidak hanya menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru, tetapi siswa mencari atau menemukan sendiri dalam pembelajaran dan siswa dapat menghubungkan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Selakuning  Kelas III di salah satu SD  Negeri di Cikalongwetan jumlah siswa 25 orang. Siswa terdiri dari beberapa 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki– laki. Intrumen dalam penelitian menggunakan tes soal dengan 10 soal pg keapsahan soal digunakan teknik validitas dan realibitas .soal intrumen  yaitu soal pretes dan pos test dan  lembar wawancara guru dan lembar  wawancara siswa. Jenis Penelitian menggunakan  deskriptif kualitatif dengan tes yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran IPA. Pengelolaan data menggunakan Excel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...