Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Nobangan pada nilai kreatif dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan model pembelajaran Nobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 7 langkah menurut Sugiyono, yaitu : 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk dan 7) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif.Hasil validasi dari penelitian ini meliputi validasi silabus, RPP, dan buku panduan model pembelajaran Nobangan. Hasil validasi silabus sebesar 3,62 dengan kriteria “sangat valid”, validasi RPP sebesar 3,69 memenuhi kriteria “sangat valid”, sedangkan validasi buku panduan model pembelajaran Nobangan sebesar 3,67 dengan kriteria “sangat valid”. Hasil tingkat kepraktisan model pembelajaran Nobangan meliputi respon siswa, guru dan pengamat nilai kreatif siswa. Hasil respon siswa dengan nilai sebesar 3,67 memenuhi kriteria “sangat praktis”, respon guru sebesar 3,53 dengan kriteria “sangat praktis”, dan respon pengamat nilai kreatif siswa sebesar 3,24 kriteria “praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Nobangan pada nilai kreatif siswa kelas 5 SD Inpres Perumnas Palu memenuhi kriteria valid dan praktis.
Copyrights © 2021