Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, 1) kemampuan pemahaman matematik untuk siswa SD kelas IV dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan, 2) persamaan dan perbedaan kemampuan pemahaman matematik untuk siswa SD kelas IV dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan, 3) relevansi kemampuan pemahaman matematik untuk siswa SD kelas IV dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur yaitu dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan yang sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan dianggap bisa menjawab rumusan masalah yang sudah dirancang sebelumnya oleh peneliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian yang diambil dari dua skripsi dan satu jurnal tersebut, siswa mengalami peningkatan pada pembelajaran pemahaman matematik untuk siswa SD kelas IV dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan.
Copyrights © 2021