COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 5 (2020)

PEMBELAJARAN PENALARAN KELILING BANGUN DATAR PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Ayuningtyas Juliantini Sudrajat (IKIP SILIWANGI)
Sylvia Rabbani (IKIP SILIWANGI)
Rizki Pebriana (SDN 266 MENGGER)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematik merupakan salah satu masalah yang menjadi pembahasan pada penelitian ini. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran penalaran keliling bangun datar pada siswa kelas empat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode ini peneliti mencoba untuk menggambarkan situasi dan proses pada kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas empat salah satu sekolah dasar Negeri di Kota Cimahi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa siswa kelas empat senang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, selain itu siswa dan guru menunjukan respon yang baik terhadap pembelajaran penalaran keliling bangun datar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, namun masih ditemukan siswa yang menemukan kesulitan dalam memeriksa argumen yang berlaku, melakukan pembuktian secara langsung dan menyusun konjektur pada soal kemampuan penalaran matematik. Dari pembahasan tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa kemampuan penalaran keliling bangun datar pada siswa kelas empat masih tergolong rendah dan perlu diberikan latihan-latihan soal yang rutin agar siswa terbiasa menyelesaikan soal yang sulit.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...