Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Vol 5 No 1 (2020): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MCDONALD’S PEKANBARU

Suyono Suyono (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Mario Paska Halim (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Mukhsin Mukhsin (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Peri Akri (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Consumer satisfaction is something that must be considered by any specialized company in the culinary field. By maintaining and giving satisfaction to consumers, they will need to make repeat purchases for the products they have consumed. This study aims to analyze the quality of service, product quality, and price on consumer satisfaction at McDonald's McDonald's. Selected respondents are consumers who come with accidental sampling method where the number of samples is 100 respondents. The method of data analysis uses multiple linear regression analysis with the help of SPSS software. The results of the study prove that the variable of service quality is significantly negative on customer satisfaction. Product quality variables are positive and significant to customer satisfaction. The variable price of satisfaction is positive and significant to customer satisfaction. 58.2% of customer satisfaction variables can be accepted by the variables of service quality, product quality and price, while the remaining 0.418 or 41.8% customer satisfaction is requested by other variables that do not support this research such as places, advertisements, and brand image Kepuasan konsumen merupakan suatu hal yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan khususnya di bidang kuliner. Dengan mempertahankan dan memberikan kepuasan kepada konsumen maka mereka akan cenderung untuk melakukan pembelian ulang atas produk yang telah mereka konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen di McDonald’s Pekanbaru. Responden yang dipilih adalah konsumen yang datang berbelanja dengan metode accidental sampling dimana jumlah sample sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan signifikan negative terhadap kepuasan konsumen. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sebesar 58,2% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga, sedangkan sisanya 0,418 atau 41,8% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti tempat, iklan, dan citra merek

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KURS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis (p-issn: 2527-8223; e-issn: 2527-8215) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia Pekanbaru. Jurnal ini mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi, ...