Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui: (1) perbedaan berpikir kritis, (2) perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan, dan (3) respon peserta didik dengan model PjBL melalui pendekatan STEM dan dengan model Ekspositori. Penelitian quasy experiment melalui post-test only control group design ini mengambil peserta didik kelas X RPL B untuk kelas eksperimen dan kelas X KI untuk kelas kontrol di SMKN 2 Banjarmasin sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menggunakan model Project Based Learning dengan pendekatan STEM, sementara kelas kontrol menerapkan model Ekspositori. Instrumen data menggunakan teknik tes dan non-tes yang dilanjutkan dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Diperoleh simpulan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan mengenai berpikir kritis antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pengetahuan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) pembelajaran model PjBL melalui pendekatan STEM memperoleh respon lebih positif sebesar 88,06% dibandingkan model Ekspositori sebesar 70,00%
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021