Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 8, No 1 (2021)

MENGUKUR KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Fajar Okta Widarta (Universitas Syiah Kuala)
Fajri Fajri (Universitas Syiah Kuala)
Nursafiah Nursafiah (Universitas Gunung Leuser)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru serta menemukan metode alternatif untuk mengukur penguasaan keterampilan dasar mengajar tersebut pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala Gayo Lues yang memprogram mata kuliah pengajaran mikro. Aspek keterampilan dasar mengajar yang dianalisis meliputi keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan variasi stimulus, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan keterampilan mengelola kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar performance assessment dengan cara menganalisis video praktik mengajar mahasiswa. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk persentase dan selanjutnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa secara umum berada pada kategori baik. Menganalisis video praktik mengajar menggunakan lembar performance assessment dapat menjadi alternatif untuk mengukur penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa pada masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...