Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait diketahui bahwa masaih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam masa PANDEMI COVID-19. Hal itu juga dibuktikan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah matematika yang telah diuji cobakan pada awal prapenelitian. Berdasarkan hal tersebut salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengasah kreatifitas siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika adalah Creative Problem Solving. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan Quasi Eksperimen.Teknik analisis dat menggunakan soal Tes Essay dengan materi FPB dan KPK. Analisis data menggunakan uji homogenitas dan normalitas, serta uji hipotesis menggunakan uj-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabel = 2,595 > 2,158 atau sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal iniberarti terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar Matematika
Copyrights © 2021