Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol 4 No 2 (2021): Juli 2021

Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VIII

Dongoran, Jhonas (Unknown)
Sianturi, Bronika Septiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 22 Medan. Dan sampel diambil secara random sampling dimana satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen I yaitu kelas yang diajar dengan pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dan satu kelas lagi dijadikan sebagai kelas eksperimen II yaitu kelas yang diajarkan dengan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel. Dari hasil perhitungan diperoleh thit 4,562 > ttab 3,063. Dengan demikian H0 ditolak sedangkan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe STAD di kelas VIII pada materi sistem organ pada manusia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...