Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 4 No. 1 Juni Tahun 2021

PERBEDAAN TINGKAT KEMAMPUAN MENULIS BERITA DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES VS METODE CORE (CONECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTADING) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMATANG SIANTAR

Siregar, Junifer (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan tingkat kemampuan siswa menulis berita dengan menggunakan model Examples Non Examples dan model Core (connecting, organizing, reflecting, extending). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan mean sampel tak berhubungan (Uji-t). Pengujian hipotesis membuktikan bahwa kemampuan menulis berita dengan menggunakan model Examples Non Examples adalah nilai (th) = 2, 908. Setelah dibandingkan pada tabel dengan taraf signifikan 95% dan df  = n1 + n2 – 2 = 30 + 30 – 2 = 58, maka didapatlah nilai  () = 2,01. Dari perbandingan  di atas dapat disimpulkan bahwa nilai  lebih besar dari  pada taraf signifikansi 95 %, maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini, maka hasil belajar menulis berita dengan menggunakan model menggunakan model Examples Non Examples lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Core (connecting, organizing, reflecting, extending).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...